Monday 10 December 2012

Cara Mengatasi error file system grub rescue di windows 7


Cara Mengatasi error file system grub rescue. Assalamuallaikum, kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman seputar dunia komputer. Apakah sobat pernah menemukan masalah saat booting windows 7? Pesan yang tampil kurang lebih seperti ini: error: no such partition grub rescue…. bla bla bla nah pokokya inti pesanya seperti itu lah. Mudeng gak sob? kalo belum mudeng silakan lihat gambar dibawah ini:




Permasalahan seperti ini muncul ketika saya mencoba menginstall sistem operasi linux, tapi di dalam komputer/laptop saya sudah terinstall sistem operasi windows 7, rencananya si mau di buat double boot tapi setelah selesai install kemudian saya restart laptop saya dan hasilnya muncul pesan error: no such partition grub rescue dan tidak dapat di apa-apain lagi. Tapi saya tidak panik, karena permasalahan seperti itu sudah biasa. hehe ;) jadi jangan langsung panik sob kalau ada masalah pasa komputer/laptop sobat.
Berdasarkan pengalaman saya, untuk mengatasi error file system grub rescue dapat dilakukan dengan menu repair, menu repair ini terdapat pada saat kita akan melakukan install ulang windows 7. Untuk lebih jelasnya silakan simak Cara Mengatasi error file system grub rescue dibawah ini:
1. Siapkan OS windows 7 yang sebelumnya digunakan untuk install komputer/laptop sobat.
2. Ubah prioritas booting pada BIOS di ubah bootingnya menjadi CD/DVD ROM.
3. Kemudian ikuti langkah Install windows 7 sampai ada dulisan INSTALL NOW seperti dibawah ini:




4. Klik Repair your computer kemudian pilih command prompt.
5. Setelah berada di menu command prompt kemudan ketikan kode di bawah ini:
  • bootrec.exe /fixmbr
  • bootrec.exe /fixboot
  • bootrec.exe /RebuildBcd
6.  Tunggu beberapa saat sampai proses selesai.
7. Kembali kemenu repair, dan pilih startup repair dan restart komputer
Itulah tips singkat mengatasi komputer yang tidak bisa booting ke windows error file system grub rescue. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

1 comments:

  1. kalo misalnya cd windows7 nya beda gimana gan? soalnya ane yang kata itu pake kaset yang 1 nya tp uda ilang, eh ane uda punya yang baru klo pake cd yang barunya gpp ya?

    ReplyDelete

Google Translate

Categories

Archive

Selamat Datang Di Blog Sederhana Yang Penuh Dengan Informasi

Total Pageviews

 

Sahabat Facebook

Sahabat Blog

LINK EXCHANGE

Sharing Of Information

Link Sahabat

Tutorial Blogspot |Tutorial Blogger |Tutorial tentang suatu hal |Informasi Pendidikan |Berita |Software |Android app
PANDAWA LIMA
Klik cek this out !

Sahabat Twitter

Popular Posts