Monday 10 December 2012

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Sering Restart Sendiri


Cara Mengatasi Komputer Sering Restart Sendiri. Hay sobat blogger, pada postingan sebelumnya telah di share Cara memperbaiki komputer yang rusak dan kali ini saya akan share penyebab maupun cara memperbaiki komputer sering restart sendiri. Mungkin dari sobat udah sering nemuin masalah yang kayak gini, dan mungkin masih bingung apa penyebab komputer sering restart sendiri? Penyebabnya banyak sob, penasaran! Nah langsung aja berikut adalah Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Sering Restart Sendiri:

1. Prosesor overhead (kepanasan)
Prosesor merupakan benda yang paling rentan dengan panas, sehingga jika suhu prosesor melebihi batas akan menyebabkan komputer mati atau restart sendiri. Untuk menghindari overhead ini dapat dilakukan bberapa cara, seperti menganti headsink dengan yang lebih bagus (lebih dingin), pasang kipas pendingin di casing agar suhu di dalam casing tidak panas, selalu cek suhu prosesor dengan program monitoring temperatur seperti misalnya CPUID Hardware Monitor.
2. Power Supply kekurangan daya
Inilah hal yang mungkin jarang kita perhatikan, mungkin kita sebelumnya gak mikir ke situ tapi ini lah kenyataannya, ika komponen2 pada komputer kekurangan daya maka akan akan terjadi mati atau restart sendiri. Oleh karena itu cek kesetabilan listrik, gunakan stabiliser untuk menyetabilkan listrik, atau ganti power supply dengan daya yang lebih besar.
3. Ada Bad sector di Hard disk
Bad sector pada hard disk dapat menyebabkan komputer menjadi hang, muncul pesan bluescreen of deadth atau komputer ga bisa booting dan me-restart terus. Untuk memperbaikinya gunakan program scandisk/checkdisk, men-defrag hardisk secara teratur dan jangan lupa jika mematikan komputer harus menggunakan tombol shutdown (jangan langsung tekan tombol power di casing) karena akan membuat umur komputer gak tahan lama.
4. RAM bermasalah
RAM juga kadang2 bermasalah, ya seperti fungsi RAM itu sendiri yang sebagai memory sementara saat kita menjalankan komputer, jika RAM rusak atau ada masalah otomatis tidak ada memory yang dapat digunakan untuk memperoses. Coba sobat ganti RAM nya, pengalaman dari temen2 setelah ganti RAM komputer nya normal lagi.
5 VGA Card Rusak (khusus pengguna VGA Card)
VGA card terpasang di slot AGP atau PCI, tanda2 VGA card rusak bisa dilihat di kipas pendingin VGA Card, jika kipas pendinginnya panas kemungkinan VGA Card rusak.
Nah itulah beberapa tips mengatasi komputer yang sering restart sendiri, semoga seelah sobat mengecek seperti langkah atau cara di atas, komputer sobat bisa sembuh dan normal seperti biasanya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Happy Blogging

0 comments:

Post a Comment

Google Translate

Categories

Archive

Selamat Datang Di Blog Sederhana Yang Penuh Dengan Informasi

Total Pageviews

 

Sahabat Facebook

Sahabat Blog

LINK EXCHANGE

Sharing Of Information

Link Sahabat

Tutorial Blogspot |Tutorial Blogger |Tutorial tentang suatu hal |Informasi Pendidikan |Berita |Software |Android app
PANDAWA LIMA
Klik cek this out !

Sahabat Twitter

Popular Posts